Sunday 16 November 2014

Sejarah Kiswah Ka'bah

Kiswah adalah kain penutup kabah yang pada umumnya dihiasi dengan beragam kaligarfi arab yang berisi ayat-ayat suci Alquran. Setiap tahun kiswah kabah diganti dengan yang baru, dimana kain kiswah yang lama dipotong menjadi beberapa bagian kemudian dibagikan kepada pejabat muslim asing ataupun organisasi islam yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Beberapa potongannya juga biasa dijual sebagai souvenir atau tanda mata bagi jamaah haji. Pada masa pemerintahan Umar bin al-Khatab potongan kain kiswah kabah dibagikan kepada sejumlah jamaah haji untuk melindungi diri mereka dari panasnya kota Mekkah.

Kain kiswah kabah ini pada umumnya terbuat dari kain sutera seberat 670 kg, dengan luas 658m2. Bordirannya mengandung 15 kg emas, terdiri dari 47 potong kain dimana setiap potongan memiliki panjang 14m dan lebar 101cm. Agar kiswah kabah tetap terulur ke tanah maka kain sutera tersebut diberi pemberat berupa cincin-cincin tembaga. Jika zaman dahulu desain sulaman kaligrafi Alqurannya dibuat secara manual, maka hari ini semuanya dilakukan menggunakan komputer sehingga pengerjaannya menjadi lebih cepat, praktis dan singkat namun tetap mempertahankan nilai keindahannya.

Bagi Anda para jamaah haji yang berkeinginan untuk memiliki potongan kiswah kabah, kami menyediakan tiruan kiswah kabah dalam berbagai ukuran dengan pengerjaan yang cermat sehingga menghasilkan tampilan kiswah kabah yang Inya Allah mendekati aslinya dan nampak indah sehingga cocok untuk dekorasi mesjid, musholla, rumah maupun sekolah. Berikut ini beberapa desain kiswah ka'bah yang Kami produksi





Untuk informasi lebih lanjut ataupun pemesanan silahkan hubungi kontak berikut ini HP.081247533777 atau whatsapp 082306331777 dan pin BB 75EA9F69, bisa juga melalui email ubayclay77@gmail.com.

No comments:

Post a Comment