Sunday 30 November 2014

Muslimah dan Kaligrafi Kontemporer

Kebebasan berekspresi saat ini membuat banyak muslimah terlibat dalam seluruh sendi kehidupan. Tak terkecuali seni kaligrafi.

Kaligrafi merupakan bentuk seni islam yang paling mudah dikenali sejak berabad silam.

walaupun terbilang masih jarang sejumlah penulis kaligrafi muslimah kian bermunculan baik di Timur Tengah maupun di negara-negara barat seperti Serbia dan Kanada.

Wanita pada umumnya lebih memiliki kelembutan atau ketajaman perasaan (sensitifitas) dibandingkan para pria sehingga mereka tak bisa diremehkan dalam menghasilkan karya kaligrafi yang bernilai seni tinggi.

Karya Betul Utku, Turki

Karya Elvira Bojadzic, Bosnia



Walaupun ada kaidah-kaidah umum yang harus ditaati oleh para penulis kaligrafi, namun pada perkembangannya islam memberikan kebebasan ruang untuk menulis kaligrafi sesuai dengan bakat, ekspresi, serta kebudayaan setiap penulis.

Kaligrafi arab memberikan kesan yang nyaris sama baik bagi pengamat maupun penulis itu sendiri, yakni selain nilai estetika yang menonjol juga melambangkan nilai dan kualitas ketuhanan serta keimanan.

Menulis kaligrafi membutuhkan ketekunan, konsentrasi, kesabaran, dedikasi serta keterampilan yang menumbuhkan ketenangan batin. bagi para muslimah menulis kaligrafi merupakan salah satu media untuk senantiasa mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT.

Bagi Anda pecinta kaligrafi, kami menawarkan sejumlah kaligrafi arab dengan desain bordir berisikan ayat-ayat suci Alquran sesuai dengan yang tertera pada kiswah kabah harga mulai dari Rp.500.000,  dengan ukuran minimal 40x60 cm atau sesuai dengan pesanan. Selain itu kami juga menawarkan program kursus mahir membuat kaligrafi. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan dapat menghubungi nomer HP.081247533777 atau whatsapp 082306331777 dan pin BB 75EA9F69, bisa juga melalui email ubayclay77@gmail.com.

Berikut salah satu contoh desain kaligrafi kiswah kabah yang kami produksi


No comments:

Post a Comment