Friday 21 November 2014

Asal Usul Tulisan Kaligrafi Arab

Pada awalnya kaligrafi merupakan alat komunikasi , namun seiring berjalannya waktu kaligrafi mulai digunakan dalam arsitektur, dekorasi serta desain pada mata uang. Perubahan ini terjadi disebabkan karena orang muslim tidak diperbolehkan menggunakan simbol dari seseorang, binatang atau apapun sebagai sesembahan atau berhala seperti ketika Islam belum berkembang di jazirah Arab.

Di saat orang Arab sibuk membuat syair dan puisi maka orang-orang muslim menyibukkan diri mereka dengan menghafalkan ayat-ayat suci Alquran. Inilah cikal bakal yang kemudian menyebabkan kaligrafi arab digunakan oleh orang muslim untuk menuliskan ayat suci Alquran hingga menjadi kitab suci Alquran yang kita kenal selama ini.




Selama perkembangannya tulisan atau naskah berbahasa arab tercipta sesuai dengan periode dan lokasi kekaisaran islam yang luas dan berbeda-beda. Dimana naskah kaligrafi ini memberikan wawasan geografis kemana karya seni ini dikembangkan mulai dari jazirah Arab, Afrika, Eropa bahkan Asia. Setiap naskah kaligrafi dipengaruhi oleh tradisi serta nilai-nilai budaya dari daerah yang bersangkutan.

Di artikel selanjutnya kita akan membahas berbagai macam naskah atau jenis tulisan kaligrafi.

Bagi Anda pecinta kaligrafi, kami menawarkan sejumlah kaligrafi arab dengan desain bordir berisikan ayat-ayat suci Alquran sesuai dengan yang tertera pada kiswah kabah harga mulai dari Rp.500.000,  dengan ukuran minimal 40x60 cm atau sesuai dengan pesanan. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan dapat menghubungi nomer HP.081247533777 atau whatsapp 082306331777 dan pin BB 75EA9F69, bisa juga melalui email ubayclay77@gmail.com.

No comments:

Post a Comment