Monday 24 November 2014

Mengenal Sejarah Perkembangan Kaligrafi Arab 1

AWAL PERKEMBANGAN TULISAN ARAB

Huruf Kanaan dan Aram Nabatea
Jika kita menggali lebih jauh ke dalam sejarah Semenanjung Arab serta asal mula bahasa Arab, sejumlah arkeolog telah menemukan prasasti tertanggal Abad ke-14 SM, yang menunjukkan adanya kaitan yang erat antara beberapa tulisan arab yakni huruf Kanaan dan Aram Nabatea yang ditemukan di utara Semenanjung Arab.

Sumber : www.smashmagazine.com

Arabic Musnad
Tulisan Arab Musnad pertama kali ditemukan di Semenanjung Arab bagian selatan, yakni Yaman. Bentuk tulisan ini tidak berubah lagi sejak 500 SM dan masih digunakan hingga abad Ke-6. Tulisan ini mengadaptasi huruf Kanaan dan Aram Nabatea.

Sumber : www.yemen.forum.net


Al Jazm
Huruf arab pertama kali dikenal sebagai Al Jazm, huruf ini banyak digunakan oleh suku-suku Arab yang tinggal di bagian utara Semenanjung Arab, selain dipengaruhi oleh skrip Nabatea, juga dipengaruhi oleh skrip daerah lain seperti Syiria dan Persia. Al jazm dikenal hingga era awal Islam di Mekkah dan Madinah di sebelah barat Semenanjung Arab.

Sumber : www.arabetics.com

Al Jazm dalam perkembangannya berubah menjadi beberapa kaidah antara lain, Hiri, Anbari, Makki dan Madani, adapula Ma'il yang menjadi awal mula tulisan kufic.

Beberapa tulisan Al Jazm juga tidak mengalami perubahan sama sekali seperti Mukawwar, Mubsoott dan Mashq yang mana tulisan ini digunakan pada masa awal kerajaan Islam di Semenanjung Arab.

Tulisan Kufic
Tulisan kufic berkembang sekitar abad ke-7 bertahan hingga abad ke-13. Tulisan ini memegang peranan penting dalam mendokumentasikan ayat-ayat suci Alquran. Kufic diamabil dari sebuah nama kota di Irak yakni Kufa. Tulisan ini pertama kali ditemukan di Madina dimana Rasulallah SAW tinggal setelah berhijrah dari Mekkah. 

Pada awal kemunculannya kufic belum dilengkapi dengan titik-titik ( Nuqat ). Baru pada tahun 688 M dan 786 M dikembangkan tandan diakritik ( tashkeel ) untuk menunjukkan huruf-huruf vokal.

Sumber: www.saylor.org


Sumber artikel : www.smashingmagazine.com 

Bagi Anda pecinta kaligrafi, kami menawarkan sejumlah kaligrafi arab dengan desain bordir berisikan ayat-ayat suci Alquran sesuai dengan yang tertera pada kiswah kabah harga mulai dari Rp.500.000,  dengan ukuran minimal 40x60 cm atau sesuai dengan pesanan. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan dapat menghubungi nomer HP.081247533777 atau whatsapp 082306331777 dan pin BB 75EA9F69, bisa juga melalui email ubayclay77@gmail.com.

Berikut salah satu contoh desain kaligrafi kiswah kabah yang kami produksi


Nantikan artikel kami selanjutnya Mengenal Sejarah Perkembangan Kaligrafi Arab 2, terima ksih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment